SPONSOR

Tuesday, January 19, 2010

Indonesia, negara dengan 33 provinsi


Jika anda kebetulan berada di lingkungan orang-orang yang bukan berasal dari Indonesia, entah dalam rangka urusan pekerjaan, bisnis, wisata, atau undangan acara tertentu dan anda di tanya mengenai Indonesia...
Perasaan apa yang ada dalam benak anda?
Anda bangga karena ada orang yang bertanya tentang negara anda?
Atau anda malah pusing karena tidak bisa menjawabnya?
Apakah anda bisa bercerita mengenai Indonesia?
Seberapa besar pengetahuan anda tentang Indonesia?

Sebetulnya mudah saja bercerita tentang Indonesia, banyak yang bisa diceritakan. Mengenai penduduk, wilayah, budaya, alam, tempat wisata dan lain-lain, tentunya dipilih yang bagus dan bisa dibanggakan. Dalam masalah lain seperti politik, keuangan, terkadang mereka mempunyai data yang lebih detail dari anda.

Rasa bangga memang ada pada saat ada orang yang bertanya tentang Indonesia, itu yang pernah saya alami. Saya bisa memamerkan Indonesia.

Apa yang bisa dipilih untuk diceritakan..?
Salah satunya adalah mengenai pembagian wilayah indonesia. Apabila anda melihat peta di atas anda bisa bercerita bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di Asia, tepatnya di Asia Tenggara, berbatasan langsung dengan negara-negara Singapura, Malaysia, Pilipina dst. Indonesia merupakan negara dengan gugusan pulau-pulau, diantaranya Sumatera, Jawa, Kalimantantan dst. Indonesia dibagi dalam 33 propinsi dengan berbagai budaya, suku bangsa, adat dan bahasa yang sangat beragam...

Untuk bisa bercerita lebih banyak, tentunya harus punya referensi, atau setidaknya pernah membaca, melihat atau mendengar tentang Indonesia. Wikipedia dapat dipilih sebagai salah satu referensi. Anda bisa tahu mengenai nama propinsi, ibukotanya, lambang daerah dll.

Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu.

No comments:

Post a Comment